Notification

×

Iklan

Iklan

Kerja Sama Satgas Habema dengan Warga Mamba Wujudkan Keamanan Wilayah

Rabu, 11 September 2024 | September 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-09-10T17:50:24Z

News,Sugapa Intan Jaya,  – Pengamanan wilayah Papua oleh Satuan Tugas (Satgas) TNI jajaran Komando Operasi (Koops) HABEMA merupakan tugas rutin yang dilaksanakan dengan profesional, termasuk di wilayah Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah. 

Pada hari Selasa (10/9/2024), Pos Kotis Mamba menerima kunjungan para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan warga dari beberapa Kampung yang berada di wilayah Distrik Sugapa, meliputi Kampung Soambili, Kampung Amesiga, Kampung Holomama dan Kampung Mamba Bawah. Kunjungan dalam situasi yang penuh kekeluargaan dilakukan oleh para warga untuk menyampaikan aspirasi tentang upaya kerjasama yang selama ini dilakukan antara TNI dengan masyarakat dalam rangka mengamankan wilayah Papua.

Situasi keamanan wilayah Distrik Sugapa yang kondusif menjadi tujuan bersama yang ingin dicapai oleh para warga dan Aparat Keamanan (Apkam). Oleh karenanya, Pendeta Urben Sani selaku Ketua Gereja Sambilia Mamba, yang turut hadir di Pos Mamba, menyampaikan bahwa kedatangan para warga kali ini merupakan Jemaat gabungan dari empat gereja meliputi Gereja Mamba, Gereja Tanah Putih (Khatolik), Gereja Sambili dan Gereja Holomama. Lebih lanjut, Pendeta Urben juga mengharapkan perlunya komunikasi yang baik antara para warga dengan Apkam, khususnya dalam mengidentifikasi personel ataupun simpatisan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Distrik Sugapa.

Lebih lanjut, Komandan Satgas Yonif Raider 509/Balawara Yudha Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi, yang langsung menerima kunjungan para warga, mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan warga Distrik Sugapa terkait pentingnya kerjasama untuk mewujudkan keamanan wilayah setempat. Pesan Letkol Inf Dian kepada para warga untuk tidak ragu-ragu berlapor kepada para Prajurit TNI apabila ditemukan adanya personel ataupun simpatisan OPM yang berusaha memasuki wilayah Distrik Sugapa guna penanganan lebih lanjut oleh Apkam.

Terpisah, Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan mengungkapkan bahwa 
respons Satgas Yonif 509 Kostrad yang melaksanakan komunikasi dengan warga masyarakat Distrik Sugapa dalam rangka mewujudkan pengamanan wilayah, merupakan implementasi tugas TNI melaksanakan Komsos inklusif dengan seluruh pihak dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua. (Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update